Subscribe:

Ads 468x60px

"Selamat Datang. Terima Kasih Atas Kunjungannya"

Rabu, 07 November 2012

Epson TX121x Mati Total

Pusing mikirin Epson TX121x mati total, cek kabel ok, cek power supply ok, sekering ok juga, nah dimana masalahnya??? ternyata masalahnya ada di logic board-nya

image

Printer Epson TX121 dengan keluhan MATOT alias mati total. Pemiliknya juga rada pesimis dengan printernya apa bisa diperbaiki atau tidak. Kata dia printer belum lama dibeli dan printer sudah hilang garansi service center-nya karena printer diinfus. "Kemungkinan Logic Board-nya nih"

Langsung menuju Logic Board yang merupakan otak printer. Perhitunganku kalau tidak power suplay ya boardnya.....
Waktunya menggunakan senjata andalanku MULTITESTER , Tes sana tes sini... Yang bisa di tes cuma Dioda karena komponen ini yang sering rusak dan memungkinkan untuk dilakukan pergantian. Akhirnya ditemukan satu diaoda (D1 ) dalam keadaan short. Sekedar info Dioda berfungsi menyearahkan arus listrik, dalam pengetesan dengan multitester bila dioda dites bolak-balik (Anoda ke Katoda, Katoda ke Anoda) ada nilainya maka dioda dalam keadaan short atau rusak. Seharusnya satu arah saja.
Dioda yang rusak segera diganti dengan dioda dari mainboard Epson type lain yg sdh tdk terpakai. Setelah dioda terpasang ke board printer dirakit kembali. Ternyata printer bisa hidup kembali dan bisa digunakan untuk printing serta scanning. 

Saran saya apabila printer tidak dipake dalam waktu yang lama, sebaiknya dicabut kabel ac-nya, karena dengan masih tersambungnya kabel ac ke printer, arus listrik masih tetap masuk ke bagian logic board meskipun printer dalam keadaan OFF, yang akhirnya terjadi panas dan dapat merusak komponen yang ada di bagian logic board.
 
Semoga bermanfaat...

4 komentar:

  1. saya mengalami hal yang sama yaitu printer EPSON tx121x MATI TOTAL, aku kemudian mengikuti sesuai langkah" tersebut. setelah ganti dioda aku pasang kembali terus aku coba pasang kabel AC mau coba nyalakan, ternyata ada suara ciiiiiiiittt ciiiiit..... kira kira apanya yaaa... tolong pencerahannya trims...

    BalasHapus
  2. coba cek apakah dioda nya sama persis??? bisa jadi karena dioad nya ga cocok ....

    BalasHapus
  3. Saya juga mengalami kasus yg sama,stelah coba ganti dioda waktu dicolokan kabel AC langsung bunyi cuit...cuit..cuit..dari PSU printer,kira2 apanya ya?..

    BalasHapus
  4. Diodanya harus persis sama yaitu Schottky 1A 60V SND seri sk 16. Kalau diganti dengan dioda biasa nanti akan putus lagi, parahnya logic boardnya bisa rusak.

    BalasHapus